Pekerjaan terbesar webmaster adalah meningkatkan trafik

Pekerjaan terbesar webmaster adalah meningkatkan trafik mereka menjaga agar pelanggan Kembali lagi. Pembuatan situs adalah satu hal, namun asal buat dan posting sebuah website tidak menjamin trafik-nya.

Cara untuk Menarik Pengunjung Situs

(1) Internet Adalah Media Baru

Paling tidak dibandingkan dengan media massa cetak. Situs adalah sampah jika hanya mengulang kembali sesuatu yang tidak dapat disajikan oleh media cetak. Jangan jadikan situs hanya sebagai brosur online. Masukkan fitur yang mengambil keuntungan internet sebagai media komunikasi. Saring informasi darinya. Sediakan kemampuan pencarian. Sediakan interaktivitas dengan fitur seperti forum, kuis, dan perangkat. Pengunjung menyukai web sebagai sarana berinteraksi.

(2) Jaga Kunjungan Pelanggan Sebagai Hal yang Sangat Bernilai.

Jika seseorang mengunjungi situs Anda, Anda dapatkan perhatiannya atas nilai waktu kunjungan tersebut. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut atau justru kehilangannya - dengan cepat. Mayoritas pengunjung memiliki durasi perhatian yang pendek, rancangan apa yang hendak dibuat untuk homepage situs Anda agar perhatian pengunjung tertawan dan memberikan cara tepat atas apa yang mereka cari, seperti berjalan menuju restoran. Jika Anda masuk dan hanya ada di sana tanpa ada yang menghampiri dan menyapa, Anda mungkin heran atas apa yang terjadi. Tetapi, jika tuan rumah datang dan menyapa Anda segera dan menunjukkan tempat yang masih kosong, lantas Anda ada di sana beberapa saat dan menikmati makanan Anda. Analogi serupa juga berlaku bagi situs. Jangan memperumit homepage situs Anda. Hasil terbaik akan didapat jika Anda sejelas mungkin membuatkan area yang dapat diklik untuk menemukan apa yang dicari.

(3) Rancang Situs untuk Kebutuhan Pelanggan, Bukan Perusahaan.

Situs Anda harus memuaskan kebutuhan pelanggan, bukan perusahaan. Maka, jangan masukkan konten yang tidak berguna bagi pelanggan situs. Hindari publikasi pemasaran berlebihan tentang perusahaan. Hal tersebut hanya meningkatkan ego perusahaan lebih besar daripada membantu pelanggan Anda.

(4) Libatkan Pengunjung.

Pertahankan agar pengunjung tetap terlibat dan buat mereka merasa seperti kontributor berharga. Secara aktif mintakan feedback dan saran. Lakukan komunikasi dengan pengunjung dan jawab pertanyaan yang diajukannya dengan segera. Ketika berkomunikasi seperti itulah, catat alamat emailnya. Hal ini mungkinkan Anda tetap berkomunikasi dengan mereka walaupun mungkin mereka telah berpaling atau melupakan Anda.

(5) Tetap Up to date.

Anda butuh konten untuk situs yang tersedia dan relevan dengan kehidupan pengunjung. Posting berita bulan lalu tidak menarik. Posting informasi produk kering yang tidak pernah berubah tidak akan menarik. Anda harus memiliki informasi produk dan lainnya pada situs yang tidak akan berubah banyak, namun Anda juga dapat memasukkan lebih banyak konten tepat waktu. Anda bisa, mengirimkan konten tentang bagaimana produk Anda dapat digunakan dalam situasi kehidupan tertentu. Sediakan tips dan teknik - hal yang segera dapat diaplikasikan dan memecahkan masalah.

(6) Beri Perhatian pada Bentuk/Rancangan.

Beberapa situs terlihat berlebihan. Grafik besar hanya lebih menarik perancang situs bukan pengunjung. Jangan gunakan grafik yang besar dan tak bernilai. Ingat, beberapa pengunjung mungkin masih mengakses situs Anda menggunakan dial-up. Situs Anda harus mampu melakukan loading dengan cepat bagi semua pengguna. Situs lambat akan menyebabkan pengguna Anda pergi dengan cepat. Maka dari itu, perhatikan ukuran grafik dan rancangannya. Beberapa web designer hanya bekerja pada resolusi layar yang tinggi dan terkadang lupa bahwa bahkan grafik terlihat biasa bagi Anda, tetap saja akan terlihat besar bagi pengguna dengan resolusi kecil. Pada flip side, jangan terlalu mengkilat pada grafik. Situs yang dirancang sederhana dan menggunakan default font dan tanpa warna juga tidak telihat cantik. Beberapa pengunjung situs, entah itu sengaja atau tidak, mengomentari perusahaan Anda dari situsnya atau mereka dapatkan sesuatu untuk dimanfaatkan. Situs yang dirancang dengan baik mengkomunikasikan profesionalisme. Terlalu sedikit rancangan juga menjadikan situs seperti ketinggalan jaman.

(7) Promosi.

Jika pengunjung menghubungi Anda melalui e-Mail, paling bagus menggunakan bentuk web. Bukan memberikan kemungkinan alamat email Anda disalahgunakan oleh spammer, namun untuk keperluan pengajuan pertanyaan kepada kustomer tentang alamat email mereka dan menyimpan alamat tersebut untuk keperluan mendatang. Aktifkan strategi pemasaran “push/pull”. Pengunjung yang datangi situs Anda adalah tarikan, namun selanjutnya Anda dapat menggulirkan konten kepada mereka dalam bentuk newsletter atau materi promosi. Jalankan mailing list dan manfaatkan. Undang pengunjung untuk mendaftarkan diri. Promosi dapat membangun atau bahkan merusak bisnis, dan selama Anda respek terhadap pertimbangan etika mailing list tersebut, Anda dapat memanfaatkannya.

(8) Jangan Lakukan Isolasi.

Internet adalah media yang dibagi dengan jutaan pengguna lainnya. Ketika membuat situs, jangan memfungsikannya seolah-olah Anda adalah pulau tersendiri. Keluarlah dan cermati apa yang tengah terjadi pada situs lainnya yang berhubungan dengan situs Anda. Ikut ambil bagian dalam forum. Cantumkan link ke situs lainnya dan mintakan sambungan balik dari link tersebut. Bentuk kemitraan dengan situs lainnya jika memungkinkan. Jika menyangkut masalah komunikasi, orang lebih menyukai hubungan personal. Penyembunyian alamat e-Mail umum seperti “penjualan” dan “informasi” tidak apa-apa selama ada cara juga menghubungi Anda dengan tepat. Situs perusahaan yang memungkinkan e-Mail langsung menuju pihak manajemen itu bagus. Namun ingatlah berapa besar Anda tidak menyukai pemanggilan pihak perusahaan dan terjebak dalam sistem telepon mereka. Terkadang Anda hanya perlu berbicara dengan seseorang. Beri pengunjung Anda kemungkinan itu.

(9) Buat Rencana Menarik Kembali Trafik.

Gunakan newsletter, e-Mail keluar, kontes, forum, klub, lelang - apa saja yang dapat menarik kembali pengunjung ke situs Anda. Jika memasukkan link ke situs lain, jangan hanya mengirimkan pengunjung Anda ke tempat lain. Mereka tidak akan kembali lagi. Sediakan mereka exit page. Sediakan pop-up jika mereka berusaha meninggalkan situs Anda atau kecilkan kemungkinan munculnya link eksternal dibuka dalam jendela baru.

(10) Telusuri Pengunjung Anda

Cermati statistik situs Anda dan ambil tindakan signifikan. Apa yang dibaca pengunjung? Bagaimana cara mereka menemukan Anda? Apakah mereka hanya muncul dan pergi begitu saja meninggalkan homepage Anda? Berapa lama mereka mengunjungi situs Anda? Apakah mereka kembali lagi? Data tersebut jelas sangat berguna dalam pembuatan situs Anda yang bagus sesuai kebutuhan dan keinginan pengunjung Anda. Ingat, kesalahan terbesar beberapa webmaster adalah pembuatan rancangan situs untuk kebutuhan mereka saja. Situs yang sukses dirancang untuk pengunjung targetnya, bukan mengesankan pemilik situsnya.



Sumber: www.dibekasi.net
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Tongkonan
AUTHOR
15 Mei 2009 11.41 delete

Tips yang super lengkap. Mudah2an saya mampu menerapkan semua tips2 di atas.

Reply
avatar
16 Mei 2009 03.20 delete

tips dan strategi yang mantab utk menaikkan trafik, mas. matur nuwun info dan share-nya.

Reply
avatar
16 Mei 2009 10.51 delete

10 tips yang sangat bermanfaat.. :D
kalau boleh tahu, dari 10 tips tersebut kira2 mana dua yang paling penting menurut Anda..?

Reply
avatar